• AKADEMI AKUNTANSI (AKTAN) "BOEKITTINGGI"
  • KITA MAJU

Profil

PROFIL Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi”

Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Barat yang menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang akuntansi program pendidikan Diploma 3 (tiga) yang bernaung di bawah Yayasan Pengembangan Ilmu dan Teknologi (YPIT) Bukittinggi.  Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 79/D/O/2003 tanggal 10 Juni 2003. Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” berlokasi di Jalan By Pass Simpang Taluak Gedung A.

Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” memiliki visi, misi, tujuan dan sasaran yang jelas, realistis dan bisa diukur ketercapaiannya secara berkala. Visi, misi, tujuan dan sasaran fokus kepada kualitas yang merupakan faktor pendorong sivitas akademika Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” untuk setiap saat bersedia melakukan perbaikan atau peningkatan kualitas. Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” memiliki tata pamong dengan tugas pokok dan fungsi yang jelas dalam rangka mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran  institusi.

Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” memiliki satu program studi yaitu Program Studi Akuntansi. Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” melaksanakan pengembangan staf merujuk kepada Surat Keputusan Ketua Yayasan Nomor : 03/SK/YPIT-BKT/I/2014, Tentang Peraturan Kepegawaian Di Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi”  pada Bab VI pasal 9 yaitu pembinaan staf atau pegawai dilakukan secara internal maupun eksternal. Secara internal pembinaan dilakukan oleh pimpinan unit kerja, seperti ketua program studi, kepala bagian, kepala UPT / lembaga tentang motivasi untuk peningkatan kinerja layanannya dan pembinaan secara eksternal melalui partisipasi pada kegiatan pelatihan-pelatihan dan tugas belajar.

Kurikulum Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” sudah sesuai dengan SN-Dikti terutama KKNI level 5. Kurikulum Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” pada dasarnya terbagi kedalam dua kelompok kurikulum yaitu kurikulum inti dan kurikulum institusional. Kurikulum inti merupakan kelompok bahan kajian dan bahan pelajaran yang harus dicakup dalam suatu program studi yang dirumuskan dalam kurikulum yang berlaku secara nasional. Sedangkan kurikulum institusional merupakan sejumlah bahan kajian dan pelajaran yang merupakan bagian dari kurikulum perguruan tinggi yang disusun dengan memperhatikan keadaan dan kebutuhan lingkungan serta ciri khas Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi”.

Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” memiliki Unit Penjaminan Mutu (UPM) yang bertugas untuk melaksanakan penjaminan mutu internal Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi.

Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” telah memiliki Rencana Induk Penelitian (RIP) sebagai dasar dan pedoman di dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dikelola oleh Lembaga Penelitian  dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) sebagai unit yang bertugas untuk memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” memiliki Jurnal Akuntansi Keuangan (JAK) dengan ISSN 2088-6780 yang diterbitkan setiap tahun oleh Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi”. JAK merupakan wadah bagi dosen sebagai peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya.

Proses pembelajaran didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dan milik sendiri. Adapun kegiatan perkuliahan dilakukan di gedung milik sendiri, diantaranya ruang kuliah dengan kapasitas 40 mahasiswa, ruang dengan fasilitas LCD Proyektor/ infocus, whiteboard, ruang laboratorium (komputer). Selain itu tersedia pula ruang perpustakaan, ruang pertemuan (aula) yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. Untuk kegiatan ekstrakurikuler,  institusi Akademi Akuntansi (AKTAN) “Boekittinggi” menyediakan berbagai sarana olahraga, diantaranya lapangan futsal, badminton, dan sebagainya.

Pengembangan dalam bentuk pelatihan kompetensi dan merumuskan kurikulum yang sesuai dengan pasar kerja. Dengan penambahan mata kuliah personality development, etika profesi dan kewirausahaan diharapkan lulusannya mampu bersikap profesional dalam bekerja.

Sarana dan prasarana pendukung pembelajaran yang dimiliki sendiri dan memenuhi standar pendidikan membantu mahasiswa dalam pemahaman berbagai pengetahuan yang diterima mahasiswa. Program studi dilengkapi dengan sarana ruang kuliah, laboratorium, ruang kerja dosen, perpustakaan, buku dan jurnal. Adanya fasilitas ini dapat menunjang kegiatan proses pembelajaran dan kegiatan akademik lainnya.

Untuk meningkatkan suasana akademik, program studi telah melakukan berbagai kegiatan dalam proses belajar mengajar. Melalui kegiatan ekstrakulikuler mereka bisa berinteraksi baik dengan sesama mahasiswa atau  bahkan dengan dosen.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Struktur Organisasi

10/08/2019 04:30 WIB - Administrator
Sejarah Sekolah

Sejarah Aktan Bukittinggi

10/08/2019 04:28 WIB - Administrator
Visi dan Misi

Visi Akademi Akuntansi (AKTAN) "Boekittinggi" : “Menjadi Perguruan Tinggi Vokasi Akuntansi Dengan Membentuk SDM Yang Unggul Di Tingkat Nasional Tahun 2025”   MisiUntuk

23/06/2019 15:20 WIB - Administrator